Langsung ke konten utama

Ini Alasan Saya Agar Tak Jenuh Saat WFH ala Briker Amatir Radio

Efek global pandemi Covid-19 yang mulai diumumkan pada tahun 2020, tak pelak diberlakukannya 'Bekerja dari Rumah' alias Work From Home (WFH). Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dalam aktivitas bekerja saat ini. 

Secara pribadi, aktivitas keseharian yang suka touring dari rumah menuju tempat kerja, mulai pudar. Hampir setiap hari, duduk di salah satu ruangan kerja, dimana kadang timbul rasa bosan dan godaan tidur siang selama bekerja. 

Berikut ini, alasan saya melakukan beberapa hal untuk menyegarkan diri (refreshing) agar tak jenuh saat WFH ala Briker Amatir Radio:

1. Membaca Buku

Usai bekerja seharian di depan monitor, saya pasti menjauhkan sejenak alat elektronik. Saya mulai aktivitas olahraga ringan (jalan-jalan di sekitar rumah), atau membaca buku yang berkaitan dengan hobi. Terlampir buku yang saya baca saat ini. 

Pinjaman dari YBØBDC

 

Menyadur dari situs Huffpost, Jessica DiVento, Psikolog Klinis, menuliskan: 

'Jika menjauhkan semua pekerjaanmu sementara waktu, bisa berdampak positif bagi kesehatan mental dan fisik'.

2. Fokus dan Konsisten Belajar Keterampilan yang Ingin Dikuasai

Honestly, sebelum efek pandemi, saya langsung istirahat (tidur) setelah perjalanan dari rumah ke kantor. Rasanya, tak ada waktu untuk belajar teknik antena High Frequency (HF). Namun, sekarang saya bisa mempelajarinya setelah bekerja. 

Beruntungnya saya yang juga dibantu teman-teman briker amatir radio lainnya saat belajar teknik antena HF. Diantaranya : 

YCØLOU, yang mengajari saya banyak tentang antena. Mulai dari Mini Dipole 80 Meter, Delta Loop, Vertical Antenna dan lainnya. 

Mini Dipole 80 Meter

 

JZ11NNZ, Susanto yang terkenal dengan Padepokan Gagak Biru, mengajari saya tentang antena mobil yang bekerja di frekuensi 27 MHz.

JZ14OXR, I Ketut Sugawa ST, mengajari saya melalui video youtubenya tentang vertikal antena 5/8 Lambda yang bekerja di frekuensi 27 MHz. Saat ini masih proses mencari impedansinya. 


Dan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu. 

3. Membuat Konten Video untuk Youtube

Dirumah terus, terkadang timbul rasa kebosanan. Untuk mengatasinya, saya merekam video (recording) komunikasi radio yang bekerja di frekuensi 27 MHz. Saat ini, hanya #CBRadio Galaxy DX 959 yang saya miliki. 

Semua hasil rekaman, saya upload ke youtube sebagai dokumentasi pribadi. Anda bisa menontonnya di sini : 

Gajah Pesing Channel

 

Bagi saya, youtube adalah wadah untuk menyalurkan energi kreatif berupa video untuk dokumentasi pribadi. 

Bagaimana dengan aktivitas WFH-mu? Jika anda kreatif, pastinya bisa melakukan hal yang berbeda dan sesuai dengan minatmu. Tetap jaga kesehatan dan kewarasan saat pandemi ya.. Terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mobile Radio Mini Rig QYT KT8900, Walau Imut tapi Gahar!

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, tak menyurutkan vendor radio komunikasi untuk terus berinovasi. Walau designnya hampir selalu sama ( kotak nan tebal ) pada setiap keluaran produknya, masih banyak orang yang minat untuk memilikinya sebagai sarana komunikasi bebas pulsa. Radio komunikasi yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah frekuensi VHF dan UHF. Selain harganya yang murah, device ini mudah ditemukan di toko elektronik. Baik itu konvesional maupun toko online. 

Review Liquid Manhattan Premium Blend - Chivere

Penulis mendapatkan informasi tentang liquid ini, dari salah satu Komunitas Personal Vaporizer di kota Surabaya. Berawal dari ajakan nongkrong bareng di salah satu sudut cafe, sembari mencoba (tester) liquid baru yang diproduksi oleh salah satu member mereka sendiri. Panggil saja ' Kuff ', sales ekslusif liquid ' Manhattan Premium Blend Liquid '. Produk yang berasal dari kota Surabaya ini, dibandrol dengan harga Rp 125 ribu per botolnya. Berkapasitas 30 ml dan komposisi campuran PG:VG = 50:50, memiliki 3 varian rasa yang cukup unik, yaitu : 

Begini Cara Mendapatkan Award Worked All Continents Secara Gratis

Award Worked All Continents (WAC) adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh The International Amateur Radio Union (IARU). Sebuah penghargaan yang bertaraf standar internasional untuk amatir radio. Sertifikat ini, merupakan sebagai pengakuan telah melakukan kontak dua arah dengan stasiun radio amatir di masing-masing dari enam wilayah benua yang diakui di dunia.  Bagi sebagian amatir radio, mempunyai award WAC adalah suatu kebanggan tersendiri. Tak heran, banyak diantaranya, berlomba-lomba untuk memilikinya untuk dikoleksi, dipajang di dinding ruang tamu dengan pigura berwarna emas. Nah! Ingin punya award WAC secara gratis? Begini caranya :