Langsung ke konten utama

Tenaga Kerja Asing Yang Menjadi Isu Politik Indonesia

Isu Tenaga Kerja Asing (TKA) yang membanjiri lapangan pekerjaan di Indonesia, menjadi isu komoditas politik kata Presiden Jokowi. Hal itu disampaikannya pada saat peresmian pelepasan ekspor mobil di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (25/4/2018). 

Dimana saat itu, disinggung soal penyerapan tenaga kerja oleh pabrik Mitsubishi Motors di Bekasi yang didominasi tenaga kerja Indonesia.

"Saya dapat informasi pabriknya sudah mempekerjakan 3 ribu orang, dan mau tambah kagi jadi 4 ribu? Betul Pak Menteri," kata Jokowi.

"Hampir dapat dikatakan semuanya adalah tenaga kerja lokal, mayoritas adalah tenaga kerja lokal. Betul?" imbuh Jokowi bertanya ke Airlangga.




Jokowi mengatakan, saat ini isu TKA yang membanjiri Indonesia itu memang marak dibicarakan. Padahal, kata Jokowi, yang dilakukan pemerintah adalab menyederhanakan regulasi terkait tenaga kerja asing di Indonesia.

"Karena sekarang isunya akhir-akhir ini isunya adalah TKA. Padahal, sebetulnya yang kita reform adalah bagaimana menyederhanakan prosedur administrasi untuk TKA. Berbeda," sambungnya.

Jokowi pun mengatakan, isunya ini jadi bahan politik. "Ini lah namanya politik," katanya kepada jurnalis situs berita terkini

Senada dengan pernyataan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko terkait (TKA) dengan situasi politik tanah air. Moeldoko menilai, isu TKA kembali ramai dibahas di tahun politik.

"Ya seperti yang saya katakan tadi, ini naik turun. Isu TKA ini selalu berkaitan dengan situasi politik. Kita sudah analisa itu. Apalagi ini menjelang-menjelang seperti ini, menjadi sedap gitu untuk digulirkan," ujar Moeldoko saat jumpa pers di gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (24/4/2018).

Hal ini sekaligus menanggapi soal Perpres Nomor 20/2018 tentang TKA. Moeldoko mengatakan, isu ini tidak bijak digulirkan, apalagi jika ditambah bumbu SARA.

"Apalagi berkaitan dengan menuju pada SARA sebagai instrumen untuk memobilisasi. Ini saya kira tidak wise lah, tidak bijak. Jangan menggunakan SARA sebagai instrumen untuk memobilisasi opini, apalagi untuk memobilisasi untuk kepentingan-kepentingan praktis," bebernya.

Moeldoko juga memberi contoh soal isu hoax TKA. Salah satunya soal hoax serbuan 10 ribu TKA ilegal asal China.

"Untuk itu kita perlu klarifikasi dan penjelasan yang konkret, betul-betul nyata di lapangan. Karena kalau tidak betul-betul diluruskan, maka akan membingungkan. Ada berita yang dimobilisasi, ada 10 juta TKA, padahal sesungguhnya tak seperti itu," ujar Moeldoko.

"Ketiga, sebagian besar dari kita yang memobilisasi, seolah-olah hanya TKA dari China. Padahal TKA tidak saja dari situ sumbernya," tambah eks Panglima TNI ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mobile Radio Mini Rig QYT KT8900, Walau Imut tapi Gahar!

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, tak menyurutkan vendor radio komunikasi untuk terus berinovasi. Walau designnya hampir selalu sama ( kotak nan tebal ) pada setiap keluaran produknya, masih banyak orang yang minat untuk memilikinya sebagai sarana komunikasi bebas pulsa. Radio komunikasi yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah frekuensi VHF dan UHF. Selain harganya yang murah, device ini mudah ditemukan di toko elektronik. Baik itu konvesional maupun toko online. 

Review Liquid Manhattan Premium Blend - Chivere

Penulis mendapatkan informasi tentang liquid ini, dari salah satu Komunitas Personal Vaporizer di kota Surabaya. Berawal dari ajakan nongkrong bareng di salah satu sudut cafe, sembari mencoba (tester) liquid baru yang diproduksi oleh salah satu member mereka sendiri. Panggil saja ' Kuff ', sales ekslusif liquid ' Manhattan Premium Blend Liquid '. Produk yang berasal dari kota Surabaya ini, dibandrol dengan harga Rp 125 ribu per botolnya. Berkapasitas 30 ml dan komposisi campuran PG:VG = 50:50, memiliki 3 varian rasa yang cukup unik, yaitu : 

Begini Cara Mendapatkan Award Worked All Continents Secara Gratis

Award Worked All Continents (WAC) adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh The International Amateur Radio Union (IARU). Sebuah penghargaan yang bertaraf standar internasional untuk amatir radio. Sertifikat ini, merupakan sebagai pengakuan telah melakukan kontak dua arah dengan stasiun radio amatir di masing-masing dari enam wilayah benua yang diakui di dunia.  Bagi sebagian amatir radio, mempunyai award WAC adalah suatu kebanggan tersendiri. Tak heran, banyak diantaranya, berlomba-lomba untuk memilikinya untuk dikoleksi, dipajang di dinding ruang tamu dengan pigura berwarna emas. Nah! Ingin punya award WAC secara gratis? Begini caranya :