Langsung ke konten utama

5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Samadikun, Koruptor BLBI

Samadikun Hartono dihukum mengembalikan uang yang dikorupsinya sebesar Rp 169 miliar. Eks Komut Bank Modern itu membayarnya dengan mencicil. Sisanya, Rp 87 miliar, akan dibayarkan secara cash!

Berikut ini 5 hal yang harus diketahui tentang Samadikun, Koruptor BLBI:


  1. Buron 14 Tahun
    Samadikun dihukum 4 tahun penjara pada 28 Mei 2002. Ia kabur setelah mendengar bocoran vonis itu dan baru ditangkap pada 21 April 2016.
  2. Ditangkap Setelah Nonton F1
    Samadikun ditangkap setelah menonton F1 di Shanghai oleh aparat setempat. Setelah itu, dilakukan perbincangan government to government (G to G) soal deportasi Samadikun.
  3. Deportasi Bikin Heboh
    Pendeportasian Samadikun ke Indonesia bikin heboh aparat penegak hukum. Sebab, para petinggi penegak hukum turut mengawalnya. Seperti Jaksa Agung HM Prasetyo dan Kepala BIN Sutiyoso. Setiba di Indonesia, Samadikun juga bikin publik bingung karena ia tidak diborgol, padahal jadi buron selama 14 tahun.

    "Tidak ada itu borgol, itu bagian dari strategi. Tempo hari kalian tanya tentang deal-deal itu. Itu salah satu bagian dari deal-deal itu. Bagaimana dia minta kalaupun diserahkan nanti diperlakukan dengan wajar," kata Jaksa Agung HM Prasetyo.
  4. Miliki Lima Paspor
    Kepala BIN Sutiyoso menjelaskan, selama jadi buron, Samadikun memiliki 5 paspor dengan 5 identitas. Dua di antaranya berasal dari Gambia dan Dominika.

    "Sewaktu Samadikun ditangkap oleh aparat Tiongkok, dia menggunakan paspor Gambia. Nama dalam paspor Gambia, Tan Cimi Abraham," ujar Sutiyoso.

    Sutiyoso menyebut lima kewarganegaraan yang berbeda itu pulalah yang menyebabkan timnya sulit menemukan Samadikun.
  5. Bayar Uang Pengganti Rp 87 Miliar Cash
    Samadikun akan melaksanakan perintah Mahkamah Agung (MA), yaitu hukuman badan 4 tahun penjara dan mengembalikan uang yang dikorupsi Rp 169 miliar. Saat ini, ia sudah menjalani hukuman pidana badan. Adapun untuk uang pengganti dikembalikan dengan mencicil. Siang ini, sisa Rp 87 miliar akan dikembalikan secara cash.

"Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta memulihkan keuangan negara dengan menyetorkan uang Rp 87 miliar dari pembayaran uang pengganti terpidana Samadikun Hartono (perkara korupsi BLBI)," ujar Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Nirwan Nawawi kepada jurnalis situs berita terkini, Kamis (17/5).

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mobile Radio Mini Rig QYT KT8900, Walau Imut tapi Gahar!

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, tak menyurutkan vendor radio komunikasi untuk terus berinovasi. Walau designnya hampir selalu sama ( kotak nan tebal ) pada setiap keluaran produknya, masih banyak orang yang minat untuk memilikinya sebagai sarana komunikasi bebas pulsa. Radio komunikasi yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah frekuensi VHF dan UHF. Selain harganya yang murah, device ini mudah ditemukan di toko elektronik. Baik itu konvesional maupun toko online. 

Review Liquid Manhattan Premium Blend - Chivere

Penulis mendapatkan informasi tentang liquid ini, dari salah satu Komunitas Personal Vaporizer di kota Surabaya. Berawal dari ajakan nongkrong bareng di salah satu sudut cafe, sembari mencoba (tester) liquid baru yang diproduksi oleh salah satu member mereka sendiri. Panggil saja ' Kuff ', sales ekslusif liquid ' Manhattan Premium Blend Liquid '. Produk yang berasal dari kota Surabaya ini, dibandrol dengan harga Rp 125 ribu per botolnya. Berkapasitas 30 ml dan komposisi campuran PG:VG = 50:50, memiliki 3 varian rasa yang cukup unik, yaitu : 

Begini Cara Mendapatkan Award Worked All Continents Secara Gratis

Award Worked All Continents (WAC) adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh The International Amateur Radio Union (IARU). Sebuah penghargaan yang bertaraf standar internasional untuk amatir radio. Sertifikat ini, merupakan sebagai pengakuan telah melakukan kontak dua arah dengan stasiun radio amatir di masing-masing dari enam wilayah benua yang diakui di dunia.  Bagi sebagian amatir radio, mempunyai award WAC adalah suatu kebanggan tersendiri. Tak heran, banyak diantaranya, berlomba-lomba untuk memilikinya untuk dikoleksi, dipajang di dinding ruang tamu dengan pigura berwarna emas. Nah! Ingin punya award WAC secara gratis? Begini caranya :