Langsung ke konten utama

Mobile Radio Mini Rig QYT KT8900, Walau Imut tapi Gahar!

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, tak menyurutkan vendor radio komunikasi untuk terus berinovasi. Walau designnya hampir selalu sama (kotak nan tebal) pada setiap keluaran produknya, masih banyak orang yang minat untuk memilikinya sebagai sarana komunikasi bebas pulsa.

Radio komunikasi yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah frekuensi VHF dan UHF. Selain harganya yang murah, device ini mudah ditemukan di toko elektronik. Baik itu konvesional maupun toko online. 


Cuti bersama yang diberlakukan pemerintah Indonesia terhadap semua perusahaan, memberikan saya keleluasaan untuk mencicipi Mobile Radio Mini Rig QYT KT8900. Perangkat radio komunikasi dari negeri tirai bambu ini, bekerja pada dua frekuensi (dual band) yaitu VHF dan UHF.

Bentuknya yang ringkas (seukuran telapak tangan orang dewasa), menjadikan perangkat ini mudah dibawa kemana saja (mobile). Walau imut, namun kekuatan daya pancarnya sangat gahar yaitu 25 Watt (VHF) dan 20 Watt (UHF).

Oh ya! Mobile Radio Mini Rig QYT KT8900 ini, bekerja pada frekuensi 136-174 MHz (VHF) dan 400-480 MHz (UHF1). Rumornya, perangkat ini bisa dimaksimalkan lagi range frekuensi pada kisaran 240-260 MHz dan 480-520 MHz (UHF2). Secara pribadi, saya belum bisa membukanya. Selain tidak memiliki kabel data, belum punya software-nya.

Ingin tahu bentuk fisiknya? Silakan tonton video unboxingnya pada vlog di bawah ini :
Saking imutnya, terbesit hasrat ide untuk memasangnya pada motor (kendaraan roda 2). Bahkan sempat membeli perangkat tambahan semacam konektor Cigar Plug (lighter pada mobil) sebagai power suply, juga bracket untuk memasang antena jenis Super Gainer produksi D Antenna.

Pada saat dicoba langsung pada motor, awalnya normal. Bahkan pada saat pengetesan penerimaan dan pancaran frekuensi, bisa diterima dengan baik oleh teman-teman RAPI Kramat Jati (143.700 VHF). 
Kurang lebih pada menit ke-20, RIG sangat panas banget saat dipegang. Takut terjadi apa-apa, segera saya nonaktifkan dan mendinginkannya dengan kipas besar.

Kesimpulan pertama, radio rig ini belum saya butuhkan untuk pemasangan di motor. Selain harus menyediakan box besar sebagai penyimpanan, juga harus menambahkan kipas didalamnya.

Masak iya, semua perangkat dijadikan satu dalam box? Selain modalnya sangat banyak untuk membeli box besar, saya harus menyediakan kipas juga sebagai pendingin.

Jika semuanya disambungkan menjadi satu dalam accu (aki) motor yang saya gunakan, bisa cepet tekor batrrey-nya. Apalagi motor yang saya gunakan jenis matic, yang mana selalu membutuhkan kelistrikan agar bisa digunakan dengan baik dan lancar.
Vlog review-nya, bisa dilihat di bawah ini :


Hari berikutnya, saya mencobanya sebagai base station. Sebab, secara pribadi yang ingin tahu maksimal daya tahannya, membeli accu baru jenis basah merk Aspira dengan daya 12 Volt. Juga kipas angin yang murah sebagai pendingin RIG agar tidak terlalu panas saat digunakan. Antena masih tetap menggunakan Super Gainer.




Perangkat yang seharusnya membutuhkan daya arus DC 13,8 Volt, bisa bekerja dengan baik. Keluaran output speakernya yang berdaya 2 Watt, memberikan hasil memuaskan!

Saat mencoba direct (komunikasi langsung), pancaran radio bisa diterima dengan jelas oleh teman RAPI di kawasan Ciputat pada frekuensi (rahasia). Saat digunakan pada stasiun radio repeater RAPI Nasional pada frekuensi 143.550 MHz, penerimaan dan pancaran juga sangat jelas.



Saya sangat puas dengan kinerja radio komunikasi ini! Walau imut tapi hasilnya sangat gahar!




Anda tertarik untuk memilikinya? Silakan hubungi toko radio komunikasi terdekat anda. Sebab harganya sangat terjangkau, yaitu di kisaran Rp 1,3 - 1,5 Juta!

Komentar

  1. Sy tune freq 147.460 kok ga bagus ya RX/TX, freq yg lain no problem

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bagusnya bagaimana om? boleh dijelaskan secara detail? terima kasih :)

      Hapus
  2. Mau tanya, bagaimana cara setting nya sebagai repeater kalau dipergunakan 2 rig QYT tsb.
    Dgn koneksi melalui kabel mic pin 8 didepan
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. 4:24
    QTY KT8900 UHF/VHF repeater system
    ranggo panggo
    3.411x ditonton

    BalasHapus
  4. https://m.youtube.com/watch?v=EB8pLnNlFoQ&itct=CA8QpDAYAyITCKK-p--EgtMCFQlLaAodu5ALJDIHcmVsYXRlZEjmjJP9x6SM6vYB

    BalasHapus
  5. cara seting RIG MINI QYT layar Lebar untuk repeater gimana caranya

    BalasHapus
  6. Apakah bisa di duplek frekuensinya om?.

    BalasHapus
  7. kalau di upgrate ke vhf low dan uhf low bisa ngak om?

    BalasHapus
  8. Klu mau setting di UHF mana dulu yg di pencet Om

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Liquid Manhattan Premium Blend - Chivere

Penulis mendapatkan informasi tentang liquid ini, dari salah satu Komunitas Personal Vaporizer di kota Surabaya. Berawal dari ajakan nongkrong bareng di salah satu sudut cafe, sembari mencoba (tester) liquid baru yang diproduksi oleh salah satu member mereka sendiri. Panggil saja ' Kuff ', sales ekslusif liquid ' Manhattan Premium Blend Liquid '. Produk yang berasal dari kota Surabaya ini, dibandrol dengan harga Rp 125 ribu per botolnya. Berkapasitas 30 ml dan komposisi campuran PG:VG = 50:50, memiliki 3 varian rasa yang cukup unik, yaitu : 

Begini Cara Mendapatkan Award Worked All Continents Secara Gratis

Award Worked All Continents (WAC) adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh The International Amateur Radio Union (IARU). Sebuah penghargaan yang bertaraf standar internasional untuk amatir radio. Sertifikat ini, merupakan sebagai pengakuan telah melakukan kontak dua arah dengan stasiun radio amatir di masing-masing dari enam wilayah benua yang diakui di dunia.  Bagi sebagian amatir radio, mempunyai award WAC adalah suatu kebanggan tersendiri. Tak heran, banyak diantaranya, berlomba-lomba untuk memilikinya untuk dikoleksi, dipajang di dinding ruang tamu dengan pigura berwarna emas. Nah! Ingin punya award WAC secara gratis? Begini caranya :