Langsung ke konten utama

Kopdar #NgintipBareng @Blogfam

Sabtu (4/1/2014), Komunitas +Blogger Family atau biasa dikenal dengan Blogfam menggelar kopdar pertama kali di tahun 2014 ini. Bertempat di Taman Suropati Menteng, Jakarta Pusat, kopdaran kali ini tidak hanya saling bersilaturahmi melainkan mengadakan kegiatan seru-seruan antar sesama blogger yang hadir.

Mengusung tema #NgintipBareng @Blogfam, peserta kopdar tidak hanya mendapatkan ilmu gratis tentang fotografi melainkan juga sharing (berbagi) pengalamannya selama menggunakan kamera. Penggunaan kamera pun bermacam-macam, ada yang menggunakan kamera HP, ada yang menggunakan kamera saku (pocket) dan tentunya menggunakan kamera DSLR.


#NgintipBarengBerdasarkan hasil sharing, kami yang hadir mencapai kata mufakat bersama untuk menunjuk rekan blogger Yuda Prastama alias @bengsin menjadi tutor. Kenapa? Karena pengalaman dunia fotografi lebih banyak dari teman-teman yang hadir dan pernah menjadi juara lomba foto di tingkat regional kota Bengkulu.

Kegiatan belajar sambil praktek teknik memotret bersama ini, di awali dengan ilmu dasar fotografi yaitu meliputi komposisi foto dan rule of third. Untuk menyingkat waktu, bengsin mengajak langsung teknik memotret dengan cara yang berbeda dari biasanya. Tak tanggung-tanggung, 3 sesi pun di kupas secara tuntas dalam kegiatan tersebut.

Sesi 1 : Tips Memotret Orang Gemuk

Dalam sesi ini, bengsin memberikan tips yang keren, bagaimana cara memotret obyek orang (maaf) gemuk namun saat dipotret tidak terlihat gemuk. Obyek harus bergaya (pose) miring dan pemotret juga pandai-pandai mengambil angle (sudut) yang baik agar bisa mendapatkan foto yang maksimal.


Mengambil angle diusahakan jangan langsung dari depan, melainkan dari atas atau bawah agar nantinya bisa mendapatkan gambar obyek yang tinggi semampai dan tidak terlihat gemuk. Dan hasilnya, semua peserta sangat puas dengan teknik sesi pertama ini juga tidak sabar dengan sesi selanjutnya.

Sesi 2 : Tips Memotret Makanan

Seringkali disebutkan dengan food photography, yaitu teknik memotret dengan obyek makanan. Tujuan daripada sesi ini, bagaimana caranya menampilkan hasil foto makanan, terlihat lebih menggoda dan bisa mengundang selera bagi yang melihatnya.


Faktor crop (memotong) dan tampilan obyek memenuhi frame foto sangat disarankan. Selain bisa menampilkan warna-warni ceria dari makanan tersebut, juga memberikan kesan ajakan untuk segera menghabiskan isi makanan yang tersedia. Plate (piring penyajian) warna putih sangat disarankan karena bisa memberikan efek yang kuat pada obyek dan warnanya. Serunya lagi, setelah dipotret makanannya langsung diserbu sampai habis, hahaha...

Sesi 3 : Tips Memotret Dengan Latar Belakang Sunset

Waktu yang sangat disukai para fotografer adalah sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam). Selain menampilkan lebih banyak warna cahaya, juga memberikan efek yang berbeda dengan penglihatan indera mata.


Pada sesi ini, rekan-rekan diajak memotret obyek dengan latar belakang sunset. Kesan siluet dan efek cahaya matahari, memberikan hasil yang lebih menarik pada foto-foto. Sesuai dengan penerapan ilmu fotografi yang artinya adalah 'melukis cahaya'.

Lalu apa latar belakang kegiatan ini dijalankan? Konsep sederhana ini digagas oleh teman-teman Blogfam, dimana ingin kopdaran dengan suasana yang berbeda. Selain memberi rangsangan aktivitas untuk tetap ngeblog, yaitu bisa menuliskan kembali pengalaman dari aktivitas kopdaran, juga ingin berbagi teknik memotret dengan sudut yang berbeda.


Mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju, kamera pun mudah didapatkan. Telepon genggam (HP) saat ini, banyak memberikan fitur kamera pada devicenya. Akibatnya, banyak aktivitas memotret dan share di berbagai akun jejaring sosial miliknya.

Atas dasar itulah, kegiatan ini memanfaatkan 'celah' yang ada dari aktivitas tersebut. Agar nantinya, teman-teman bisa share (lebih tepatnya pamer) hasil fotonya yang lebih menarik dan lebih berbeda dengan lainnya.

InsyaAllah, kegiatan ini akan diadakan kembali pada bulan Februari 2014 dengan tema 'Prewedd'. Tertarik untuk ikutan acara ini? Tunggu info selanjutnya dari Blogfam. Sambil menunggu, ada baiknya menikmati foto-foto dokumentasinya di bawah ini :

klik gambar untuk foto-foto lengkapnya

Komentar

  1. Seru sekali :)
    semoga yang selanjutnya bisa ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk.. datang di awal bulan Februari dengan tema yang lebih seru :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. ya uda, bulan februari awal datang ke taman UI ya.. :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mobile Radio Mini Rig QYT KT8900, Walau Imut tapi Gahar!

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, tak menyurutkan vendor radio komunikasi untuk terus berinovasi. Walau designnya hampir selalu sama ( kotak nan tebal ) pada setiap keluaran produknya, masih banyak orang yang minat untuk memilikinya sebagai sarana komunikasi bebas pulsa. Radio komunikasi yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah frekuensi VHF dan UHF. Selain harganya yang murah, device ini mudah ditemukan di toko elektronik. Baik itu konvesional maupun toko online. 

Review Liquid Manhattan Premium Blend - Chivere

Penulis mendapatkan informasi tentang liquid ini, dari salah satu Komunitas Personal Vaporizer di kota Surabaya. Berawal dari ajakan nongkrong bareng di salah satu sudut cafe, sembari mencoba (tester) liquid baru yang diproduksi oleh salah satu member mereka sendiri. Panggil saja ' Kuff ', sales ekslusif liquid ' Manhattan Premium Blend Liquid '. Produk yang berasal dari kota Surabaya ini, dibandrol dengan harga Rp 125 ribu per botolnya. Berkapasitas 30 ml dan komposisi campuran PG:VG = 50:50, memiliki 3 varian rasa yang cukup unik, yaitu : 

Begini Cara Mendapatkan Award Worked All Continents Secara Gratis

Award Worked All Continents (WAC) adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh The International Amateur Radio Union (IARU). Sebuah penghargaan yang bertaraf standar internasional untuk amatir radio. Sertifikat ini, merupakan sebagai pengakuan telah melakukan kontak dua arah dengan stasiun radio amatir di masing-masing dari enam wilayah benua yang diakui di dunia.  Bagi sebagian amatir radio, mempunyai award WAC adalah suatu kebanggan tersendiri. Tak heran, banyak diantaranya, berlomba-lomba untuk memilikinya untuk dikoleksi, dipajang di dinding ruang tamu dengan pigura berwarna emas. Nah! Ingin punya award WAC secara gratis? Begini caranya :