Langsung ke konten utama

Tips Memotret Ala #GPmoto

Disclaimer:
Tips ini hanya sebagai catatan pribadi sebagai pelengkap dari hashtag #GPmoto, yang artinya Gajah Pesing belajar moto (bahasa Jawa) alias motret. Berharap dari tulisan ini juga bisa memberikan manfaat bagi yang lainnya.
Sejak membeli kamera DSLR, alhamdulillah saia tak pernah kehabisan obyek pemotretan. Entah itu benda bergerak atau benda diam, yang penting di potret terlebih dahulu. Bagus atau tidaknya hasil pemotretan, hanya orang lain yang bisa menilai. 

Intinya, saia berusaha menggali ide se-kreatif mungkin agar bisa melampiaskan hasrat memotret. Sadar atau tidak, ternyata lingkungan sekitar banyak sekali obyek pemotretan untuk diabadikan. Contohnya :


  • Taman
    Saia banyak belajar memotret abstrak dengan media-media benda dan tanaman yang ada di taman. Selain itu, saia bisa belajar teknik makro saat mengambil gambar serangga dan bunga.
  • Pasar Lokal
    Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari rumah, banyak kegiatan yang bisa direkam dalam bentuk gambar. Selain itu, banyak display atau pajangan dari produk-produk yang dijual memberikan banyak warna yang menarik untuk dipotret.
  • Kuliner
    Obyek pemotretan yang menggunakan makanan tidak akan pernah ada habisnya. Banyak variasi dan semakin menyenangkan untuk belajar memotret karena bisa dilakukan di dalam rumah dan di luar rumah. 




Sebenarnya masih banyak tempat yang harus saia tuliskan, namun masih butuh eksperimen untuk melakukannya. Misalnya: cafe, jalanan dan masyarakat yang berinteraksi di lapangan.


Semua ini hanya untuk melatih saia pribadi untuk untuk melihat dan menyeleksi objek-objek yang menarik untuk dibidik, atau sudut-sudut memotret yang menarik untuk objek yang sederhana dan biasa-biasa saja. 

Selain itu, saia berusaha membiasakan diri untuk tidak takut bereksperimen, bermain-main dengan pencahayaan, sudut, jarak dan bahkan panjang fokus obyek pemotretan. Karena ini juga membantu saia dalam melatih mata fotografer saat mencari gambar atau obyek yang kuat.

Sekali lagi, tulisan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan saia dalam mencari dan mendapatkan beberapa ide saat memotret. Jika memang sudah mentok tidak ada obyek bagus untuk dibidik, mau tak mau harus menjadi lebih kreatif dan tidak membatasi diri dengan artikel-artikel yang sudah ada. Bagaimana pun juga, ilmu fotografi bukan ilmu pasti dan harus banyak pengalaman untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Yuk! Kapan kita motret bareng?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mobile Radio Mini Rig QYT KT8900, Walau Imut tapi Gahar!

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, tak menyurutkan vendor radio komunikasi untuk terus berinovasi. Walau designnya hampir selalu sama ( kotak nan tebal ) pada setiap keluaran produknya, masih banyak orang yang minat untuk memilikinya sebagai sarana komunikasi bebas pulsa. Radio komunikasi yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah frekuensi VHF dan UHF. Selain harganya yang murah, device ini mudah ditemukan di toko elektronik. Baik itu konvesional maupun toko online. 

Review Liquid Manhattan Premium Blend - Chivere

Penulis mendapatkan informasi tentang liquid ini, dari salah satu Komunitas Personal Vaporizer di kota Surabaya. Berawal dari ajakan nongkrong bareng di salah satu sudut cafe, sembari mencoba (tester) liquid baru yang diproduksi oleh salah satu member mereka sendiri. Panggil saja ' Kuff ', sales ekslusif liquid ' Manhattan Premium Blend Liquid '. Produk yang berasal dari kota Surabaya ini, dibandrol dengan harga Rp 125 ribu per botolnya. Berkapasitas 30 ml dan komposisi campuran PG:VG = 50:50, memiliki 3 varian rasa yang cukup unik, yaitu : 

Begini Cara Mendapatkan Award Worked All Continents Secara Gratis

Award Worked All Continents (WAC) adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh The International Amateur Radio Union (IARU). Sebuah penghargaan yang bertaraf standar internasional untuk amatir radio. Sertifikat ini, merupakan sebagai pengakuan telah melakukan kontak dua arah dengan stasiun radio amatir di masing-masing dari enam wilayah benua yang diakui di dunia.  Bagi sebagian amatir radio, mempunyai award WAC adalah suatu kebanggan tersendiri. Tak heran, banyak diantaranya, berlomba-lomba untuk memilikinya untuk dikoleksi, dipajang di dinding ruang tamu dengan pigura berwarna emas. Nah! Ingin punya award WAC secara gratis? Begini caranya :