Langsung ke konten utama

Cara Mudah Instal OS Windows 8 Pakai Flashdisk

Tutorial seperti ini sebenarnya sudah banyak yang posting. Namun, tetap saia posting di blog ini sebagai catatan pribadi agar tidak lupa di kemudian hari.
Hampir (kurang lebih) 3 tahun ini, saia memang tidak pernah melakukan instalasi sendiri pada kebutuhan laptop/ PC. Bahkan saat diterima kerja, saia mendapat laptop dalam keadaan siap pakai. Tinggal bilang ke IT Support apa kebutuhannya untuk laptopnya, maka semua software sudah terinstal dengan baik. Trims buat IT Support!

Minggu kemarin, saia mendapatkan device baru (lagi) dari semacam perlombaan. Tak perlu dijelaskan disini bentuk kegiatan lombanya, namun bentuk device-nya berupa laptop baru kinyis-kinyis. Sayangnya, laptop baru ini dalam keadaan kosong alias tanpa OS, hanya ada sistem dari bawaannya (standar default).
Berdasarkan spesifikasi, laptop yang termasuk minimalis ini tidak menyertakan hardware pemutar CD-DVD. Untungnya masih menyediakan 3 lubang USB, lubang HDMI dan lubang ethernet. Alhamdulillah... Berbekal lubang USB itulah, saia memanfaatkannya sebagai alat bantu proses instalasi OS menggunakan flashdisk.
Karena saia lupa cara instal OS pakai flashdisk, segera buka-buka diktat lama yang saia dapatkan saat masih kuliah (dulu). Oh... Ternyata begini.. Oh... Ternyata begitu... Ya uda, tinggal colok lalu biarkan berjalan prosesnya dan minum jamu kunyit asam hingga kelar. Gak lama, sekitar 15 menit udah klik 'FINISH'.
Urut-urutan prosesnya silahkan simak di bawah ini :
  • Saia harus menyiapkan tools dari Microsoft karena akan menginstal laptop dengan OS Windows 8. Nama tools-nya adalah "Windows 7 USB / DVD Tool" yang saia dapatkan dengan cara mengunduhnya di SINI!
  • Saia harus menyiapkan file instalasi OS Windows 8 dalam bentuk ISO ke dalam HD agar nantinya bisa di transfer ke flashdisk.
  • Menginstal "Windows 7 USB / DVD Tools" dengan baik dan tunggu hingga selesai. Setelah di instal, tools tersebut menjadi aplikasi dan biasanya sudah terpasang langsung di desktop jika menginstal dalam keadaan normal.


  • Jalankan aplikasinya maka akan keluar pop-up di bawah ini, lalu pilih file ISO OS Windows 8 dan klik "Next".

  • Berhubung saia menggunakan media flashdisk, maka saia memilih USB Device.
  • Pilih Begin copying untuk memulai transfer file ke flashdisk, jika keluar notifikasi lebih baik pilih "Erase USB Device" biar di format sekalian. Jangan ragu-ragu untuk memilih Yes agar instalasi berjalan cepat dan normal.


  • Proses format flashdisk dimulai sebelum file di transfer (copy) ke dalam flashdisk.

  • Restart komputer dan setting booting-nya dengan pilihan USB drive urutan paling atas.
  • Berhubung laptop baru, maka proses instalasi windows pun sangat mudah dan lancar. Perbedaannya hanya membuat partisi-partisi pada hardisk.
  • Proses mengkopi pun dimulai, tinggal nunggu sambil minum jamu kunyit-asam, tahu-tahu uda selesai aja.
Akhirnya selesai sudah instalasi windows 8 pakai flashdisk.

Komentar

  1. pake tools yang lain ada ga mas ? soalnya saya pake linux mau di dual boot dengan windows 8, tools diatas ga bisa di install di linux

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada broww
      mau ?
      download aja
      di www.fajarsidiqlubis.blogspot.com

      Hapus
  2. cara nie dah tinggalan jaman bang
    di sini aja mass broww
    www.fajarsidiqlubis.blogspot.com
    semuanya lengkap brooww...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. www.fajarsidiqlubis.blogspot.com web sampah

      Hapus
  3. Cara instal windows 8 nya bagus banget

    BalasHapus
  4. makasih ya mas atas sharingnya yang sangat bermanfaat ini.

    BalasHapus
  5. Emang laptop yang agan gunakan bukannya udah ke install otomatis saat di pabriknya

    BalasHapus
  6. ada yang udah bisa pakai trik ini?

    BalasHapus
  7. gajah pesing alay

    BalasHapus
  8. kalo kita mau uat instaler xp jg bisa pake itu gan?

    BalasHapus
  9. kog gk bisa ya?????

    BalasHapus
  10. buat tutorialnya makasih gan. tutorial ini sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  11. saya coba dulu ya mas, semoga berhasil, klo gagal saya kembali lagi ke sini, thank you mas,.

    BalasHapus
  12. gan di punya saya knp tidak brkerja,ada tulisan
    (We were unable to copy your files.Please check your USB device and the selected ISO file and try again)
    mohon pencerahan nya.

    BalasHapus
  13. ngga jg brow,udh bisa ni..
    Tq yee

    BalasHapus
  14. HARI GINI PAKE "Windows 7 USB / DVD Tool"? PAKE RUFUS AJA AGAN", 2X LEBIH CEPAT DARI ITU, DAN CUMA 600KB!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mobile Radio Mini Rig QYT KT8900, Walau Imut tapi Gahar!

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, tak menyurutkan vendor radio komunikasi untuk terus berinovasi. Walau designnya hampir selalu sama ( kotak nan tebal ) pada setiap keluaran produknya, masih banyak orang yang minat untuk memilikinya sebagai sarana komunikasi bebas pulsa. Radio komunikasi yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah frekuensi VHF dan UHF. Selain harganya yang murah, device ini mudah ditemukan di toko elektronik. Baik itu konvesional maupun toko online. 

Review Liquid Manhattan Premium Blend - Chivere

Penulis mendapatkan informasi tentang liquid ini, dari salah satu Komunitas Personal Vaporizer di kota Surabaya. Berawal dari ajakan nongkrong bareng di salah satu sudut cafe, sembari mencoba (tester) liquid baru yang diproduksi oleh salah satu member mereka sendiri. Panggil saja ' Kuff ', sales ekslusif liquid ' Manhattan Premium Blend Liquid '. Produk yang berasal dari kota Surabaya ini, dibandrol dengan harga Rp 125 ribu per botolnya. Berkapasitas 30 ml dan komposisi campuran PG:VG = 50:50, memiliki 3 varian rasa yang cukup unik, yaitu : 

Begini Cara Mendapatkan Award Worked All Continents Secara Gratis

Award Worked All Continents (WAC) adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh The International Amateur Radio Union (IARU). Sebuah penghargaan yang bertaraf standar internasional untuk amatir radio. Sertifikat ini, merupakan sebagai pengakuan telah melakukan kontak dua arah dengan stasiun radio amatir di masing-masing dari enam wilayah benua yang diakui di dunia.  Bagi sebagian amatir radio, mempunyai award WAC adalah suatu kebanggan tersendiri. Tak heran, banyak diantaranya, berlomba-lomba untuk memilikinya untuk dikoleksi, dipajang di dinding ruang tamu dengan pigura berwarna emas. Nah! Ingin punya award WAC secara gratis? Begini caranya :