Langsung ke konten utama

Opiniku Tentang Personal Domain & Hosting

Seiring ramainya pasar domain dan hosting di Indonesia, banyak vendor berlomba-lomba untuk meraih pelanggannya. Dengan terang-terangan mereka menawarkan harga murah bagi yang menggunakan jasa layanan mereka. 

Pangsa pasar yang menjadi incaran utama mereka adalah para blogger, selain nama perusahaan dan komunitas. Berbanding lurus dengan keinginan blogger yang ingin membangun 'Personal Branding'. Secara tidak langsung, pasar pun tercipta dengan sendirinya. 

Blogger dalam memilih domain, rata-rata memilih sesuai dengan namanya. Tujuannya agar semakin dikenal di dunia daring. Berbeda saat menggunakan hosting, kebanyakkan dari mereka malah kebingungan akan diisi apa hosting itu? Bagaimana cara menggunakan hosting? Kok tidak sama saat masih menggunakan domain dan hosting gratisan yang tinggal pakai? 


Bagi penyedia layanan, pertanyaan itu sangat wajar dan memang sering terjadi pada saat awal-awal menggunakan domain dan hosting. Secara pengalaman, saat pertama kali memakai hosting, 2 minggu baru kelar mempelajari fitur-fiturnya.

Bandingkan dengan blogger yang memang tujuannya untuk mencari uang di internet. Salah satunya, 'bermain' google adsense. Selain mudah menggunakannya, hasilnya juga menggiurkan jika dihitung dalam bentuk rupiah. 

Dalam pemilihan domain, mereka benar-benar selektif dan harus menjalani 'ritual' terlebih dahulu (baca: riset keyword domain). Bahkan untuk memilih hosting, tak segan-segan mereka memilih ukuran yang hampir sama dengan komputer konvesional daripada memilih hosting yang space-nya dijual secara ecerean.


Mereka ini (biasanya disebut mastah), tak segan-segan berani membayar mahal untuk domain dan hosting yang 'oke punya'. Gampangnya, mereka tak mau ribet di kemudian hari. 

Kesimpulannya, perbedaan tujuan blogger menggunakan personal domain dan hosting sangat jelas. Jadi, jangan kaget jika tujuan menggunakan personal domain dan hosting sudah bisa ditebak dari awal. Bahkan, secara pengalaman pribadi, penyedia jasa juga bisa menebak umur domain dan hosting yang akan digunakan.

Dari survey kecil-kecilan yang pernah saia buat, alasan tertinggi para blogger menggunakan personal domain dan hosting karena temannya sudah pakai duluan. Sedangkan dirinya, masih menggunakan penyedia layanan blog gratisan. Urutan kedua tertinggi adalah pengen dikenal banyak orang di dunia persohiban blogger.

Saia? Hm... Saia menggunakan personal domain dan hosting karena kebutuhan sih, antara lain: 
  • Saat butuh belajar tentang hosting, beli hosting. 
  • Saat butuh belajar setting DNS domain, beli domain. 
  • Saat butuh 'bermain' adsense, pasang adsense.
  • Saat butuh bayar jasa internet, tarik pay out.
  • Saat butuh duit, tarik pay out juga hahaha.... :D

Komentar

  1. Saya dulu pertama kali mau membeli domain sendiri juga pake ritual mikir 2 minggu buat namanya, sayangnya kalau ngecek berkali - kali selalu saja udah dipilih orang :D

    Tertarik pengen punya domain sendiri ya karena ingin branding yang lebih dan belajar juga sih, disamping ngiler pengen cari uang di blog tapi ga boleh sama WordPress dan ga suka pake blogger :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mobile Radio Mini Rig QYT KT8900, Walau Imut tapi Gahar!

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, tak menyurutkan vendor radio komunikasi untuk terus berinovasi. Walau designnya hampir selalu sama ( kotak nan tebal ) pada setiap keluaran produknya, masih banyak orang yang minat untuk memilikinya sebagai sarana komunikasi bebas pulsa. Radio komunikasi yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah frekuensi VHF dan UHF. Selain harganya yang murah, device ini mudah ditemukan di toko elektronik. Baik itu konvesional maupun toko online. 

Review Liquid Manhattan Premium Blend - Chivere

Penulis mendapatkan informasi tentang liquid ini, dari salah satu Komunitas Personal Vaporizer di kota Surabaya. Berawal dari ajakan nongkrong bareng di salah satu sudut cafe, sembari mencoba (tester) liquid baru yang diproduksi oleh salah satu member mereka sendiri. Panggil saja ' Kuff ', sales ekslusif liquid ' Manhattan Premium Blend Liquid '. Produk yang berasal dari kota Surabaya ini, dibandrol dengan harga Rp 125 ribu per botolnya. Berkapasitas 30 ml dan komposisi campuran PG:VG = 50:50, memiliki 3 varian rasa yang cukup unik, yaitu : 

Begini Cara Mendapatkan Award Worked All Continents Secara Gratis

Award Worked All Continents (WAC) adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh The International Amateur Radio Union (IARU). Sebuah penghargaan yang bertaraf standar internasional untuk amatir radio. Sertifikat ini, merupakan sebagai pengakuan telah melakukan kontak dua arah dengan stasiun radio amatir di masing-masing dari enam wilayah benua yang diakui di dunia.  Bagi sebagian amatir radio, mempunyai award WAC adalah suatu kebanggan tersendiri. Tak heran, banyak diantaranya, berlomba-lomba untuk memilikinya untuk dikoleksi, dipajang di dinding ruang tamu dengan pigura berwarna emas. Nah! Ingin punya award WAC secara gratis? Begini caranya :