Ads 468x60px

Labels

09 May 2013

Opiniku Tentang Personal Domain & Hosting

Seiring ramainya pasar domain dan hosting di Indonesia, banyak vendor berlomba-lomba untuk meraih pelanggannya. Dengan terang-terangan mereka menawarkan harga murah bagi yang menggunakan jasa layanan mereka. 

Pangsa pasar yang menjadi incaran utama mereka adalah para blogger, selain nama perusahaan dan komunitas. Berbanding lurus dengan keinginan blogger yang ingin membangun 'Personal Branding'. Secara tidak langsung, pasar pun tercipta dengan sendirinya. 

Blogger dalam memilih domain, rata-rata memilih sesuai dengan namanya. Tujuannya agar semakin dikenal di dunia daring. Berbeda saat menggunakan hosting, kebanyakkan dari mereka malah kebingungan akan diisi apa hosting itu? Bagaimana cara menggunakan hosting? Kok tidak sama saat masih menggunakan domain dan hosting gratisan yang tinggal pakai? 


Bagi penyedia layanan, pertanyaan itu sangat wajar dan memang sering terjadi pada saat awal-awal menggunakan domain dan hosting. Secara pengalaman, saat pertama kali memakai hosting, 2 minggu baru kelar mempelajari fitur-fiturnya.

Bandingkan dengan blogger yang memang tujuannya untuk mencari uang di internet. Salah satunya, 'bermain' google adsense. Selain mudah menggunakannya, hasilnya juga menggiurkan jika dihitung dalam bentuk rupiah. 

Dalam pemilihan domain, mereka benar-benar selektif dan harus menjalani 'ritual' terlebih dahulu (baca: riset keyword domain). Bahkan untuk memilih hosting, tak segan-segan mereka memilih ukuran yang hampir sama dengan komputer konvesional daripada memilih hosting yang space-nya dijual secara ecerean.


Mereka ini (biasanya disebut mastah), tak segan-segan berani membayar mahal untuk domain dan hosting yang 'oke punya'. Gampangnya, mereka tak mau ribet di kemudian hari. 

Kesimpulannya, perbedaan tujuan blogger menggunakan personal domain dan hosting sangat jelas. Jadi, jangan kaget jika tujuan menggunakan personal domain dan hosting sudah bisa ditebak dari awal. Bahkan, secara pengalaman pribadi, penyedia jasa juga bisa menebak umur domain dan hosting yang akan digunakan.

Dari survey kecil-kecilan yang pernah saia buat, alasan tertinggi para blogger menggunakan personal domain dan hosting karena temannya sudah pakai duluan. Sedangkan dirinya, masih menggunakan penyedia layanan blog gratisan. Urutan kedua tertinggi adalah pengen dikenal banyak orang di dunia persohiban blogger.

Saia? Hm... Saia menggunakan personal domain dan hosting karena kebutuhan sih, antara lain: 
  • Saat butuh belajar tentang hosting, beli hosting. 
  • Saat butuh belajar setting DNS domain, beli domain. 
  • Saat butuh 'bermain' adsense, pasang adsense.
  • Saat butuh bayar jasa internet, tarik pay out.
  • Saat butuh duit, tarik pay out juga hahaha.... :D

2 komentar :

  1. Saya dulu pertama kali mau membeli domain sendiri juga pake ritual mikir 2 minggu buat namanya, sayangnya kalau ngecek berkali - kali selalu saja udah dipilih orang :D

    Tertarik pengen punya domain sendiri ya karena ingin branding yang lebih dan belajar juga sih, disamping ngiler pengen cari uang di blog tapi ga boleh sama WordPress dan ga suka pake blogger :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangstaffff... semoga sukses ya.. :)

      Delete