Ads 468x60px

Labels

20 March 2013

Monumen Ikonik Kota Surabaya

Ngomongin kota Surabaya, tidak akan ada habisnya. Mulai dari keramahan warganya, kuliner, wisatanya, hingga monumen yang ada di kota Surabaya.

Monumen patung ikan Sura (hiu) dan Buaya yang menjadi ikon kota Surabaya, bukanlah satu-satunya monumen di kota tersebut.

Berikut ini monumen yang menjadi ikonik kota Surabaya, bahkan mempunyai cerita dan sejarah masing-masing, yaitu:

  • Monumen Jalesveva Jayamahe
    Monumen yang setinggi 30,6 meter ditopang dengan bangunan setinggi 30 meter. Monumen dibangun untuk menggambarkan seorang perwira Angkatan Laut RI lengkap dengan pedang kehormatannya, berdiri tegap menghadap Pelabuhan Tanjung Perak. Sangat menggambarkan keberanian dan kegagahan para perwira dalam menantang gelombang dan badai di laut lepas, serta mempertahankan wilayah NKRI. Letak monumen ini di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
  • Monumen Jenderal Sudirman
    Monumen ini dibangun sebagai simbol perjuangan Panglima Jenderal Sudirman dalam mempertahankan Tanah Air Indonesia. Letaknya di Jl. Yos Sudarso yang merupakan jalan protokol gerbang masuk ke Balai Pemuda. 
  • Monumen Bambu Runcing
    Monumen dibangun sebagai simbol perjuangan rakyat Indonesia melawah penjajah. Juga bukti sejarah, walau hanya bersenjatakan bambu runcing, rakyat Surabaya bertempur dengan sengit melawan Belanda pada tanggal 10 November 1945. Letak monumen ini di Jl. Jendral Panglima Sudirman, tepat di jantung Kota Surabaya.
  • Monumen Kapal Selam
    Biasanya disebut Monkasel KRI Pasopati 410, dibuat sebagai simbol kepahlawanan yang pernah terlibat dalam Pertempuran Laut Aru untuk pembebasan Irian Barat dari pendudukan Belanda. Kapal selam ini, salah satu armada Angkatan Laut RI buatan Uni Soviet tahun 1952 sebagai Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) TNI AL.

  • dan masih banyak lagi.
Bagi anda yang berkunjung di kota Surabaya, jangan lupa untuk mampir di monumen ikonik kota Surabaya.

1 komentar :

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete