Langsung ke konten utama

Daya Tarik Surabaya Bagi Wisatawan Asing

Kota Surabaya yang selama ini dikenal sebagai kota Pahlawan dan ibukota Jawa Timur, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. 

Sejak tahun 2010, Surabaya kedatangan tamu dari wisatawan asing yang menggunakan kapal pesiar berstandar internasional. Nama kapal tersebut adalah Albatros dan Seabourn Legend, keduanya tercatat pernah bersandar di pelabuhan Tanjung Perak 2-4 kali dalam setahun.

Pada akhir bulan Februari 2013 kemarin, kapal pesiar MV Rotterdam milik perusahaan Holland America Lines bersinggah di kota Surabaya. Hal tersebut dikuatkan oleh pernyataan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya, Wiwiek Widayati.

Kapal pesiar yang memuat 1300 penumpang, 130 orang diantaranya mengikuti paket reguler tur keliling kota Surabaya. Perjalanan wisatanya meliputi Kebun Binatang Surabaya (KBS), Balai Kota Surabaya, Patung Joko Dolog, Monumen Kapal Selam (Monkasel), Pasar Bunga Kayoon, dan House of Sampoerna. Sedangkan sisanya (yang tidak mengikuti paket reguler) menyebar ke seluruh Surabaya dengan agenda masing-masing, salah satunya ke makam Kembang Kuning, tegas Wiwiek.

Rombongan wisatawan asing yang terbagi hingga 4 bus, disambut Wali Kota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini diiringi tarian tradisional Lenggang Surabaya di Balai Kota Surabaya. Layaknya tamu agung, rombongan disuguhi aneka jajanan dan minuman khas Surabaya.

Sambil menikmati hidangan, rombongan diajak berkeliling Balai Kota Surabaya yang merupakan bangunan gedung peninggalan Belanda, yang kini difungsikan sebagai gedung pemerintahan.

Sebagai tuang rumah, Ibu Tri Rismaharini sangat antusias menjelaskan detail gedung kepada para wisatawan. Tak ketinggalan filosofi simbol Kota Surabaya juga diterangkan dengan jelas kepada peserta tur. Rombongan juga diajak masuk ke ruang kerja wali kota. Tak sedikit diantara mereka yang mengambil gambar detail ruangan dengan kamera yang dibawa.

Thomas Schrader, wisatawan dari Amerika Serikat tampak terlihat kagum dengan bangunan balai kota Surabaya. Walau kunjungan ini pertama kali baginya, namun Thomas sangat kagum dengan keramahan warga Surabaya dan kulinernya (sambil mengunyah onde-onde).

Sebagai warga yang lahir di Surabaya, saia patut berbangga karena Surabaya mulai diperhitungkan dalam dunia kepariwisataan global. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mobile Radio Mini Rig QYT KT8900, Walau Imut tapi Gahar!

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, tak menyurutkan vendor radio komunikasi untuk terus berinovasi. Walau designnya hampir selalu sama ( kotak nan tebal ) pada setiap keluaran produknya, masih banyak orang yang minat untuk memilikinya sebagai sarana komunikasi bebas pulsa. Radio komunikasi yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah frekuensi VHF dan UHF. Selain harganya yang murah, device ini mudah ditemukan di toko elektronik. Baik itu konvesional maupun toko online. 

Review Liquid Manhattan Premium Blend - Chivere

Penulis mendapatkan informasi tentang liquid ini, dari salah satu Komunitas Personal Vaporizer di kota Surabaya. Berawal dari ajakan nongkrong bareng di salah satu sudut cafe, sembari mencoba (tester) liquid baru yang diproduksi oleh salah satu member mereka sendiri. Panggil saja ' Kuff ', sales ekslusif liquid ' Manhattan Premium Blend Liquid '. Produk yang berasal dari kota Surabaya ini, dibandrol dengan harga Rp 125 ribu per botolnya. Berkapasitas 30 ml dan komposisi campuran PG:VG = 50:50, memiliki 3 varian rasa yang cukup unik, yaitu : 

Begini Cara Mendapatkan Award Worked All Continents Secara Gratis

Award Worked All Continents (WAC) adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh The International Amateur Radio Union (IARU). Sebuah penghargaan yang bertaraf standar internasional untuk amatir radio. Sertifikat ini, merupakan sebagai pengakuan telah melakukan kontak dua arah dengan stasiun radio amatir di masing-masing dari enam wilayah benua yang diakui di dunia.  Bagi sebagian amatir radio, mempunyai award WAC adalah suatu kebanggan tersendiri. Tak heran, banyak diantaranya, berlomba-lomba untuk memilikinya untuk dikoleksi, dipajang di dinding ruang tamu dengan pigura berwarna emas. Nah! Ingin punya award WAC secara gratis? Begini caranya :